Hari 3 ABFI

Mei 19, 2013

Jadwal Hari ke 3

Venue : Kusuma Sahid Prince Hotel
Saturday                              Country Report                 PIC : Chichi Utami and Wisnu Sakti Dewobroto

11 May 2013
08.00 – 08.25      Exchange of Views and Sharing of Experince       Moderator: Pretaam Rai (Singapore)

Malaysia, Myamar, Cambodia, Vietnam and Phillipines

08.30 -09.00        Exchange of Views and Sharing of Experince       Moderator : Pretaam Rai (Singapore)

Indonesia, Thailand, Phillipines, Singapore and  Lao

09.00 -09.30        Discussion
09.30 -09.40        Coffee Break
09.40 -10.20        Break Out Session 1 (registered participants)
                                Paralel One : ASEAN’s Plans against Cybercrime Sam Ardi (Indonesia)
                                Paralel Two : Freedom Of Expression      Indah Nuria Savitri (Indonesia)
                                Paralel Three : Internet Governance Forum         Sammy Pangerapan (Indonesia)
                                Paralel Four : Culinary ASEAN Blog            Arie Parikesit (Indonesia)
                                Paralel Five : Building bloggers’ communities in ASEAN Member States  Kounila Kou Cambodia (Tentative)

10.20 – 11.00    Break Out Session 2 (registered participants)
                                Paralel One : Inspiring Blogger    Preetam Rai (Singapore)
                                Paralel Two : Travel Blogger         Gael (Philippines)
                                Paralel Three : Photoblogging     Jessica (Malaysia)
                                Paralel Four : Advocacy Online   Daniel Simanjuntak(Indonesia)
                                Paralel Five : ASEAN Blogger Action  Plan for ASEAN Community Building               Baskoro Nugroho Aji (Indonesia)

11.00 – 12.00      Lunch

13.00 – 14.00      Visit to Sangiran and Sukuh Temple (Agustinus Wibowo)              PIC : Hendri Destiwanto
16.00 – 18.00      Evening at Urban Forest (blogger gathering)  CIMB
18.00 – …             Free Program

Sabtu.
Sama seperti pagi sebelumnya, kami breakfast dan kemudian melanjutkan acara. Tapi bedanya hari ini kami sharing dan overview dari masing- masing negara di ASEAN. Tiap perwakilan mengenalkan negaranya masing- masing.
Ada banyak hal baru yang saya liat disini. Ternyata, ASEAN itu indah bnget !! :D

menu breakfast saya

ini participan dari Singapura Luke - @dori_lukey dan Chan - @mydaydream

Kalau ini namanya Ngoeum Phally participan dari Cambodia

ini dari Philipines, Tonyo.

Selanjutnya, kami mengikuti kelas yang sudah dipilih pada hari sebelumnya. Kebetulan saya memilih   Culinary ASEAN Blog bersama Arie Parikesit (Indonesia) dan kelas ke dua saya memilih Travel Blogger, tapi karena adanya miss kom, akhirnya saya memilih kelas Photoblogging. Kelas inipun sangat penuh hingga saya harus berdiri T.T.

Arie Parikesti di kelas Kuliner

Jessica di kelas Photoblog, dari Malaysia

Setelah makan siang, kami bersiap menuju Sangiran dan Candi Sukuh. Oh ya, tidak semua tempat kami datangi. Jadi, kami hanya boleh memilih satu dari keduanya. Satu hari sebelumnya, saya bersama Pradina dan Ria memilih Sangiran sebagai tempat rekreasi, ya menurut saya akan lebih nyaman kalau ke Sangiran, karena tidak akan panas karena berada di indoor. Hehe

Perjalanan ke Sangiran lumayan lama, sekitar 1 jam lebih. Kali ini saya duduk bareng mas @loewyi. Sesampainya di Sangiran, saya, Ria, dan Pradina ijin ke kamar mandi terlebih dahulu karena kebelet pipis. Setelah semua peserta siap, kami mulai memasuki ruangan museum bersama seorang tour guide yang kocak, namanya (errr, saya belum sempat nanya).

Sangiran merupakan museum purbakala, jadi disini bisa kita temukan bentuk jenis apa ajalah pokoknya tentang purba- purba gitu. Mulai dari manusia sampai hewan. Keren banget. Baru kali ini saya mendatangi museum dan tempatnya keren.

sekali lagi, bukan blogger kalau gk narsis..

Sorenya, setelah kunjungan ke Sangiran selesai. Kami bertolak menuju urban forest. Dibenak saya urban forest adalah tempat yang ditumbuhi banyak pohon, sejuk, rindang, adem ayem dan tentrem. Ternyata masih gundul. Setelah lama bengong akhirnya saya paham, urban forest ini nantinya akan disebut demikian. Jadi, di tempat ini dulunya adalah pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai bengawan solo, karena sering banjir maka dari itu masyarakatnya dipindahkan ke tempat yang lebih layak. Setelah direlokasi, tempat ini akan ditanami pohon- pohon yang paling tidak dapat menghambat laju air. Sehingga nantinya Solo akan menjadi kota di dalam hutan. Wow, pastinya akan sejuk sekali :D

Acara di urban forest selesai, semoga tahun tahun depan kalau saya kesana bisa liat pohon- pohon yang kami tanam tumbuh dengan baik, Hoho. Kami melanjutkan perjalanan pulang ke hotel. Badan saya sungguh lelah dan capek, jadi selama perjalanan pulang saya gunakan untuk tidur.

Sampai di hotel sekitar pukul 17.40an, saya segera mandi dan beristirahat sejenak, tidak lupa mengisi amunisi hp serta batre kamera untuk dipakai saat malam tiba.

Pukul 19.00 kami rombongan participant dari Kusuma Sahid, bertolak menuju Sahid Jaya untuk naik bus tingkat Werkudara (seingat saya itu namanya) untuk berputar kota Solo. Tiket bus ini tidak terlalu mahal jika dilihat dari pelayanan yang memuaskan, berputar kota Solo. Sejauh itu. Saya pikir kemarin hampir 2 jam lebih kami berputar. Untuk menikmati bus ini, kita dikenakan tiket sebesar Rp 20.000,- namun karena kami Asean Blogger, maka G E R A T E E E E E S S S S H H H.

Selesai berputar Solo dengan segala kekocakan participannya, saya dan beberapa teman (saya, Ria, Pradina, Agung, mas Slametux, Cak Wigi, Babeh Helmi, mas Lukman, Masinis, dan cewek- cewek lainnya bergerilya mencari makan di night market Solo. Kami mencoba Soto Gobyos, sumpah harganya cuma 2000.

Lain kali, jangan tertarik dengan harga murah, kalau kata orang Jawa "enek rego, oleh rupo" (ada harga, ada barang.red). Soto Gobyos ini memang murah, 2000 saja, tapiii porsinya pun juga kecil banget. Saya sampe nambah lauk telur bakar 2 biji loh. Hahaha

Pukul 23.30 saya dan kawan- kawan kembali ke hotel masing- masing..